Cara menampilkan widget hanya pada halaman awal

widget
Pada setiap kali kita menambahkan widget pada blog, secara default blogger akan menampilkan pada bagian homepage (halaman awal) dan juga tampil pada bagian halaman posting lainnya. 
Untuk membuat widget blog yang hanya akan tampil pada homepage (halaman utama) saja, perlu ada sedikit penambahan kode perintah pada blog supaya widget tersebut hanya akan muncul pada halaman utama atau homepage.

Kode tersebut akan ditambahkan pada bagian widget yang akan kita ingin menampilkan pada halaman utama atau homepage,berikut.
  • Masuk ke akun blogger kemudian masuk menu Namablog - Template - Edit HTML/Edit Template
  • Sebelum melakukan penambahan didalam template, sebaiknya backup dulu template untuk jaga-jaga, mendownload full template
Selanjutnya pilih widget yang akan dimunculkan hanya pada bagian homepage saja, disini saya akan ambil contoh widget "Recent post"  tekan CTRL+f mempersingkat pencarian, setelah ketemu sisipkan 2 baris kode sebagai perintah supaya hanya muncul pada halaman utama atau homepage saja. Untuk jelasnya perhatikan baris kode widget recent post, kode yang berwarna merah adalah kode untuk memunculkan widget supaya hanya muncul di homepage.

<b:widget id='HTML2' locked='false' title='recent post' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != ""'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'> <data:content/> </div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

Kemudian save template, sekarang widget hanya akan muncul pada halaman utama atau homepage, bila kita masuk ke salah satu halam post, widget tersebut tidak akan muncul.
Untuk tutorial yang lebih lengkap Bagaimana cara menampilkan widget selain  Homepage

You may like these posts